RENCANA PEMASARAN PRODUK HP SILICON
I. RENCANA PEMASARAN
- PERENCANAAN DAN DESAIN PRODUK
Empat faktor utama yang perlu di perhatikan dalam mendesain dan merencanakan produk adalah sebagai berikut :
a.Globalisasi selera konsumen
b.Segmentasi pasar
c.Kondisi lokal
d.Teknologi
Ø JENIS PRODUK YANG KAMI JUAL :
- TALI HANDPHONE
- SILIKON HANDPHONE
Proses penelitian meliputi beberapa langkah :
1. Aalisis situasi dan sistem informasi
Proses ini merupakan awal dalam penjualan dan pemasaran. dengan menganaliasasi kebutuhan dari masyarakat.
2. maksud dan tujuan penelitian dan identifikasi penelitian
di adakan penelitian perlu di sepakati antara team peneliti dengan manager. menyangkut tentang alternative yang di teliti, masalah penelitian dan berkepentingan. identifikasi tersebut dikembangkan dalam analisis situasi. yang merupakan alternatif masalah yang potensial .
3. tujuan penelitian
merupakan pernyataan tentang informasi yang hendak diinginkan dan diperoleh dalam suatu penelitian yang terlebih dahulu
4. estimasi nilai informasi penelitian
perkiraan nilai informasi yang akan diperoleh dari penelitian dengan biaya-biaya yang akan di keluarkan
5. rancangan penelitian
rancangan penelitian bertujuan bersifat :
Rancangan | Tujuan |
Ekspolarif | Berusaha mendekatkan pendalaman serta mampu menjelaskan struktur kejadianya |
Deskriptif | Menjelaskan tingkat kanitan antar variable |
Kausalitatif | Menjelasakan hubungan sebab-akibat antara variable-variable. |
LATAR BELAKANG MENJUAL PRODUK :
Ø Tingginya pemakaian handphone di Indonesia sehingga memaksa para kreatifitas untuk membuat sesuatu yang berharga untuk accessories.
Ø Dengan modal yang kecil kita kita suah mendapatkan keuntungan yang besar
Ø Mudah mendapatkan pangsa pasar.
2.PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI
Suad Husnan dan Suwarsono (1994) mengistilahkan kapasitas produksi sebagai luas produksi , yaitu jumlah produk yang seharusnya diproduksi untuk mencapai keuntungan yang optimal.
Zulian Y (1996) mengungkapkan bahwa untuk menentukan kapasitas produksi optimum, terdapat berbagai faktor yang harus diperhatikan , yakni sebagai berikut:
a.Kapasitas bahan baku
b.Kapasitas jam kerja mesin
c.Kapasitas jam kerja
d.Modal kerja
e.Jumlah atau kapasitas permintaan
Faktor-faktor tersebut dikombinasikan untuk mencapai hasil yang optimum (keuntungan maksimum dan biaya minimum).Untuk mengkombinasikan berbagai faktor tersebut digunakan metode-metode sebagai berikut:
a.Metode Break even Point
BEP dapat diartikan suatu keadaan di mana total pendapatan besarnya sama dengan total biaya (TR=TC) dapat pula diartikan laba sama dengan nol.
b.Metode Liniear Programming
Metode liniear programming (LP) merupakan teknik matematik dalam membantu manajemen untuk mengambil keputusan.
II. PROSES RENCANA PEMASARAN
SIKLUS PENJUALAN
Siklus penjualan yang kami lakukan dengan melakukan beberapa tahap yang kami gambarkan dalam table yaitu :
I. Pabrik / pemasok :
Melalui pabrik / pemasok barang yang kami jual kami mendapatkan suatu keuntungan . dimana harga yang di tawarkan lebih murah di banding dengan harga pasar lainnya. Sehingga dapat meningkatkan keuntungan yang kami peroleh.
II. Agen / distributor :
Ini merupakan posisi yang kami tempati di dalam menjual barang. Dimana kami melakukan penjualan ke beberapa tempat yang kami tuju dan orang yang kami tuju untuk menjual prosuk yang kami miliki.
III. Tujuan pasar :
Ada beberapa tujuan tempat yang mempuyai nilai jual tinggi dan merupakan lahan subur didalam melakukan pemasaran diantaranya
a) Kampus / universitas
Merupakan lahan yang mempunyai nilai potensi cuku besar didalam pemasaran produk kami
b) Pasar
Sebagai tempat melakukan jual-beli kami juga malakukan transaksi tersebut dengan memasarkan produk yang kami jual
c) Sekolah (SD/SMP/SMA)
Selain tempat pendidikan kami juga menjual produk kami ke teman-teman sekolah yang pangsa psarnya cukup keras. Dengan harga yang terjangkau dan produk yang menarik sehingga banyak ketertarikan mereka terhadap produk kami
d) RUKO PULSA
RUKO PULSA ( Rumah Toko Pulsa ) atau yang kita sering dapati penjual pulsa yang ada di rumah-rumah atau pinggir jalan. Ini merupakan lokasi dan juga pangsa pasar yang haus dengan accessories hp sehingga kami tidak segan-segan dalam melakukan penawaran kepada mereka untuk meningkatkan keuntungan mereka dan keuntungan kami sendiri.
e) MAL
Pangsa pasar yang banyak persaingan yang mempunyai permintaan cukup signifikan. Karena harga yang terjangkau yang kami tawarkan.
III. LAPORAN PELAKSANAAN RENCANA PEMASARAN
a. Proses pendistribusioan
Proses pendistribusian di lakukan dengan beberapa tahap yang kami gambarkan dalam beberapa siklus :
|
|
| ||||||||||
Ppendistribusian yang kelompok kami lakukan dengan menggunakan Sistem Tidak Langsung dimana kami sebagai agen atau perantara tetapi penjualan yang kami lakukan menggunakan system DIRECT SELLING ( pembeli dapat memesan langsung dan penjual mendatangi pembeli ).
2.1 TABEL PENJUALAN
| | | | | | | | |
MODAL | NAMA BARANG | HARGA SATUAN | QUANTITY | HARGA MODAL | HARGA JUAL | KEUNTUNGAN | | |
50000 | Silicon | 4500 | 11 | 4700 | 7500 | 3000 | | |
50000 | Tali handphone | 1500 | 33 | 1700 | 2500 | 800 | | |
| | | | | | | | |
- Jumlah keuntungan yang kami raih kami sajikan dalam tabel :
Tabel keuntungan penjualan yang kami raih :
NAMA PRODUK | HARGA MODAL | QUANTITY | KEUNTUNGAN |
| | | |
Silicon | 4700 | 25 | 75000 |
Tali handphone | 1700 | 25 | 20000 |
Total | 6400 | 50 | 95000 |
Source: hasil survey lapangan ketika melakukan penjualan
IV. PROSES PENDISTRIBISIAN :
Proses pendistribusian yang kami lakukan dari kegiatan pemasaran kami adalah :
- Kegiatan pemilihan
i. Fungsi akumulasi merupakan kegiatan pengumpulan dan penyimpanan persedian dari beberapa pemasok
ii. Fungsi klasifikasi adalah kegiatan pengelompokan produk-produk kedalam tingkatan kualitas atau criteria lain.
iii. Fungsi alokasi adalah kegiatan penguraian besaran atau jumlah unit persedian yang homogen menjadi besaran jumlah yang lebih kecil
iv. Fungsi gabungan adalah kegiatan pengumpulan produk dari beberapa jenis produk menjadi kelompok produk untuk penggunaan yang berkaitan.
- Kegiatan pertemuan
Usaha memepertemukan produsen dengan konsumen. Kegiatannya meliputi usaha mencari informasi pasar yang lain serta mencari pelanggan.
- Kegiatan pertukaran
Usaha melakukan kegiatan negoisasi yang meliputi pertukaran barang. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengiriman dan pembayaran barang. Pertukran tersebut meliputi beberapa keputusan yaitu :
- Jumlah
- Jenis
- Waktu
- Syarat-syarat pembayaran
- Kondisi pertukaran yang wajar