Jumat, 23 September 2011

ANALISIS JURNAL 3

Review Jurnal 3

MATKUL : METODE RISET
DOSEN : PRIHANTORO
TUGAS : REVIEW JURNAL 1
• Tema atau topik : KEPUASAN KONSUMEN
• Judul : TINGKAT KEPUASAN NASABAH BANK SRIKANDI
• Pengarang : Ary Natalina
• Tahun Pembuatan : 2009
• LBM
Perusahaan jasa perbankan adalah bisnis kepercayaan, karena nasabah menitipkan uangnya dibank untuk dikelola agar mendapatkan keuntungan yang layak (bunga). Dalam manajemen pemasaran jasa aspek kualitas jasa memegang peranan yang sangat penting. Tingkat nilai kualitas jasa akan sangat menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap jasa yang ditawarkan perusahaan. Bila jasa yang dirasakan sama dengan jasa yang diharapkan maka terjadi kepuasan pelanggan dan bila tidak sama akan terjadi ketidakpuasan.
• Masalah
Perusahaan jasa perbankan juga sangat perlu menempatkan aspek kualitas jasa sebagai faktor penting dalam sistem pemasaran jasa. Karena itulah perusahaan sebagai penyedia jasa senantiasa harus menjaga kualitas jasa sepanjang proses operasinya.
• Tujuan
Untuk mengkaji bagaimana kinerja jasa pelayanan bank srikandi menurut tingkat kepuasan nasabahnya dengan menggunakan analisis performance importance rating.
• Metodologi
a. Data
Objek Penelitian : Bank Srikandi
Populasi Penelitian : Seluruh Nasabah Bank Srikandi
Analisis data dilakukan menggunakan :
- Analisis performance
- Analisis Rating
b. Variabel
Berwujud (tangible)
Kehandalan (reliability)
Koresponsifan (responsiveness)
Keyakinan (assurance)
Empati (empathy
c. Model : Random Sampling
d.Tahapan Penelitian
Analisis data secara statistik deskriptif yang dikuantifikasi dengan skla likert.
• Hasil Dan Kesimpulan
Hasil
Berdasarkan hasil analisis tingkat kinerja jasa dan kepentingan nasabah bank srikandi, dari dua puluh tiga atribut yang mempengaruhi kepuasan nasabah atas jasa pelayanan yang diberikan bank srikandi kepada nasabah ada dua belas faktor yang masuk dalam kuadran ini. Pada kuadran satu kinerja bank srikandi dinilai sudah sesuai dengan kepentingan dan harapan nasabah. Selain itu bank srikandi juga harus memperhatikan beberapa atribut yang berada pada kuadran dua, karena nasabah kurang puas terhadap atribut tersebut.
Kesimpulan
Banyaknya atribut dalam kinerja jasa pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pada tingkat kinerja jasa pelayanan relatif tinggi dan tingkat kepentingan nasabah juga tinggi. Hal ini menunjukkan nasabah bank srikandi sudah merasa puas atas kinerja yang diberikan oleh bank tersebut. Untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan nasabah serta bersaing dengan bank-bank lain, bank srikandi harus dapat mempertahankan prestasinya. Bank srikandi mempunyai keunggulan kompetitif yang direalisasikan melalui produk-produk jasa layanan bank srikandi, sehingga memungkinkan nasabah lebih memilih bank srikandi sebagai bank pemerintah yang terpercaya.
• Saran Lanjutan
Perlu adanya upaya peningkatan kinerja jasa pelayanan agar kesenjangan atau kekurangan dalam kualitas jasa pelayanan dan ketidakpuasan nasabah yang masih terjadi pada bank srikandi dapat diminimumkan. Analisis dan pengukuran kualitas jasa bank dapat pula diterapkan pada perusahaan jasa lainnya, seperti rumah sakit, penerbangan, dan perusahaan jasa yang lain tentunya disesuaikan dengan sifat dan karakter perusahaan jasa yang bersangkutan terutama menyesuaikan daftar kuisioner dimensi kualitas jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar