Minggu, 07 November 2010

Ujian Bikin Otak Tambah "Encer"

Ujian Bikin Otak Tambah "Encer"

* Hilangnya Ujian Mengarang
* Calon Dokter Gelisahkan Uji Kompetensi
* Tidak Lulus Juga? Ada Ujian Penyetaraan!

Ujian sering menjadi momok bagi para siswa. Ujian juga dianggap sebagai cara untuk mengetahui kemajuan para siswa dalam belajar. Padahal, ujian justru bisa menjadi cara untuk meningkatkan daya ingat.

Para ahli menemukan bahwa ketika seseorang menjalani ujian otak akan mengumpulkan informasi dari sistem memori. Bahkan, otak justru lebih mudah mendata informasi yang berhasil dihimpun dibanding ketika proses belajar mengajar. Dengan kata lain, ujian justru akan meningkatkan daya ingat.

Menurut peneliti Kent State's Katherine Rawson, dalam otak kita terdapat informasi yang disebut "mediator". Mediator merupakan konsep, ide atau frase yang menghubungkan satu informasi ke informasi lain. Supaya mediator itu menjadi efektif, setiap ide dan konsep harus mudah diingat dan mudah tersambung dengan informasi yang coba diingat.

Dalam penelitian yang dilakukan Rawson, orang yang menjalani tes atau ujian memiliki daya ingat tiga kali lebih baik dalam mengingat materi pelajaran yang diberikan dibandingkan dengan orang yang tidak menjalani ujian.

"Ujian akan membuat mediator lebih mudah dipanggil dan membuat kita jadi lebih mudah mengingat," kata Mary Pyc, peneliti yang terlibat dalam studi ini. Ia mengatakan, ujian yang dilakukan di kelas sangat membantu daya ingat siswa, namun para siswa sebaiknya juga melakukan ujian sendiri di sela waktu belajarnya.

saya sebagai pengupload tulisan ini tenyata ujian membuat saya semakin bertawakal pada ALLAH SWT . sehingga menjadikan kita manusia yang rendah hati dan tidak sombong.

sumber : http://health.kompas.com/index.php/read/2010/11/06/08385863/Ujian.Bikin.Otak.Tambah.Encer-12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar